Pages

Kamis, 14 Maret 2013

Modul 1 - Pemrograman Client/Server dengan Java Socket


Pemrograman Client/Server dengan Java Socket


Protokol

Suatu aturan atau mekanisme dimana dua komputer atau lebih dapat saling berinterkoneksi.

Protokol mendefinisikan suatu format paket data yang akan dipertukarkan untuk menunjang mekanisme tersebut.

Protokol yang banyak digunakan adalah TCP/IP.

Internet menggunakan TCP/IP.


Protokol TCP/IP

Memiliki alamat unik yang diatur dengan protokol IP dengan panjang32 bit.

Memiliki port yang digunakan sebagai mekanisme untuk mengidentifikasi sebuah proses.

Alamat port 0-65535

Misal port 80 untuk HTTP

Tipe Pemrograman Jaringan

Connection Oriented
  • TCP/IP
  • Socket

Connectionless
  • UDP
  • Datagram 


Pemrograman Client/Server

Melibatkan dua hal:
  • Client
  • Server 

Client adalah program yang terkoneksi dengan sistem untuk meminta layanan.

Server adalah program yang berjalan pada suatu komputer yang menunggu program lain yang minta layanan pada port tertentu.


Java Socket

Socket adalah sebuah abstraksi perangkat lunak yang digunakan sebagai suatu "terminal" dari suatu hubungan antara dua mesin atau proses yang saling berinterkoneksi.
Di tiap mesin yang saling berinterkoneksi, harus terpasang socket.

Java Socket (2) 

Pada J2SE telah disediakan paket java.net  yang berisi kelas kelas dan interface yang menyediakan API (Application Programming Interface) level rendah ( Socket, Server Socket, Datagram Socket ) dan level tinggi ( URL, URL Connection )



Java Socket (3)



Kelas Socket

Socket ( InetAddress address, intport )
  • membuat sebuah stream socket dan koneksi ke suatu nomor port pada sebuah komputer yang memiliki alamat IP.
    Socket ( String host, intport )
  • membuat sebuah stream socket dan juga koneksi ke suatu port tertentu pada sebuah komputer berdasar namanya dll



Implementing a Client

Client adalah program yang meminta layanan.

Terdiri dari lima langkah :
  1. Membuat obyek Socket.
  2. Membuat output stream yang dapat digunakan untuk mengirim informasi ke Socket.
  3. Membuat input stream untuk membaca respon dari server.
  4. Melakukan I/O dengan input dan output streams.
  5. Menutup koneksi Socket.


1. Membuat obyek Socket

 Socket adalah class Java yang digunakan untuk membuat koneksi.

Client terhubung dengan server yang menunggu koneksi pada port yang disediakan.

Cara membuat socket :

Socket client = new Socket (ìhostnameî,portNumber);

atau

Socket client = new Socket (ìIP addressî,portNumber);

2. Membuat output stream yang dapat digunakan untuk mengirim informasi ke Socket.

Java programming language tidak mempunyai method khusus untuk menulis data ke file, socket, dan standard output.

Java menyediakan berbagai macam class dan interface untuk melakukan stream.

Berbagai macam OutputStream yang tersedia untuk file juga bisa digunakan untuk sockets.

Salah satu output stream yang bisa digunakan adalah PrintWriter.


3. Membuat input stream untuk membaca respon dari server.



4. Melakukan I/O dengan input dan output streams

 
A PrintWriter has print and println methods. 

PrintWriter can create print writers for different Unicode character sets.

BufferedReader has two particularly useful methods : 

read
Returns a single char.

readLine
Reads a whole line and return a String. ReadLinewill wait until receiving a carriage return or an EOF (the server close connection).

5. Tutup Socket jika selesai

Tutup socket dengan close method:
client.close(); 

This method closes the associated input and output streams.


Implementing a Server




1. Create a ServerSocket object





2. Create a Socket object from the ServerSocket


3. Create an input stream toread input from the client





4. Create an output stream that can be used to send information back to the client.





5.Do I/O with input and output streams






6. Tutup Socket jika selesai





0 komentar:

Posting Komentar